Bupati Malteng Buka Rakornis Pemberdayaan Masyarakat dan Percepatan Pencegahan Stunting

Globalmaluku.com,-Bupati Maluku Tengah, Tuasikal Abua SH, membuka Rapat koordinasi (RAKORNIS) pemberdayaan masyarakat dan percepatan pencegahan stunting di kabupaten maluku tengah yang digelar Dinas pemberdayaan masyarakat dan negeri, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak kabupaten maluku tengah tahun 2019. Rakornis tersebut menghadirkan seluruh kepala desa dan camat se kabupaten tersebut.

Dalam sambutannya, Bupati Abua mengingatkan seluruh kepala desa dan para raja tentang adanya peraturan baru yang dikeluarkan kementerian dalam negeri. Permendagri ini kata bupati telah disahkan dan ditanda tangani menteri dalam negeri thahjo kumolo pada tanggal 11 april 2018 dan mulai berlaku sejak tanggal diundangkannya permendagri nomor 20 tahun 2018 tersebut, pada tanggal 8 mei 2018 oleh dirjen pp kemenkumham widodo ekatjahjana.

Permendagri tersebut mengatur tentang pengelolaan keuangan desa. Untuk itu bupati menegaskan seluruh aparatur desa agar kedepannya lebih berhati-hati dalam mengelola add maupun dd yang dikeluarkan melalui APBD.

Rakornis yang juga dihadiri selruh pimpinan SKPD lingkup pemda maluku tengah tersebut, diharapkan bisa dibekali dengan baik oleh para kepala desa dan raja di bumi pamahanunusa itu.
Bupati menambahkan, jika tersangkut hukum maka, aparatur pemerintah desa dan negeri akan berhadapan langsung dengan aparat penegakan hukum. Untuk itu transparansi pengelolaan anggaran penting diperhatikan, agar tidak menyeret pengguna anggaran tersebut ke pengadilan maupun kepolisian.

Buapti juga berharap dengan adanya rakornis pembangunan yang ada di desa bisa selaras dengan program pembangunan pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten. (GM02).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: