Pertengahan Juli Ini, JCH Maluku Diberangkatkan ke Makassar

AMBON. Globalmaluku.com,- Pemerintah Provinsi Maluku, melalui kementerian agama provinsi maluku, menargetkan, pertengahan bulan juli ini, sebanyak 1.270 Jamaah Calon Haji (JCH) akan keberangkatannya menuju Emberkasi Haji Antara Makassar pada Sabtu, 13 Juli 2019 oleh Gubernur Maluku, Murad Ismail di Asrama Haji Antara Waiheru-Kota Ambon.

“Jadi Rencananya Jamaah Calon Haji Maluku akan dilepas keberangkatannya oleh Gubernur Maluku, Murad Ismail pada 13 Juli 2019 di Asrama Haji Antara Waiheru, karena di tanggal 14-15 sudah berangkat ke Makassar dan 15-16 ke Madinah,”jelas Kepala Bidang Haji Kementrian Agama Wilayah Maluku, H. Yamin, di ruang kerjannya, Selasa (2/7/2019).

Dikutip dari Info Ambon.com, H. Yamin, menegaskan, keberangkatan JCH Maluku pada musim haji 1440 Hijriah/2019 ke Emberkasi Haji Antara Makasar berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, mengingat di tahun ini JCH Maluku akan bertolak menggunakan Maskapai Lion Air dengan sistem Carter bukan Reguler. Menurut H. Yamin, sistem carter memberikan berbagai kemudahan kepada JCH, diantaranya JCH akan tiba di Emberkasi tepat waktu dan bertolak ke Tanah Suci juga tepat waktu, sehingga JCH memiliki waktu istirahat cukup.

“Tahun ini kita pake maskapai Lion Air dengan sistem carter bukan reguler kaya tahun –tahun sebelumnya. Dengan sistem carter ini, JCH akan diuntungkan, salah satunya mereka tiba di Makasar tepat waktu jadi punya waktu istrahat untuk bertolak ke tanah suci menunaikan ibadah haji dengan kondisi yang lebih baik,”ungkapnya.

Dijelaskan, tahun 2019 kuota Jamaah Calon Haji Maluku meningkat dari tahun sebelumnya, yaitu dari 1.082 JCH menjadi 1.270 JCH yang tersebar di 11 Kabupaten/Kota di Provinsi Seribu Pulau ini. “Tahun ini ada peningkatan kuota JCH Maluku. Kalo tahun lalu kan 1.082 JCH, tahun ini naikjadi 1.270 JCH dan akan diberangkatkan dengan tiga kloter,”lanjutnya.

Diakui, Ambon belum diresmikan sebagai Emberksi Haji Antara tahun 2019 , maka belum semua JCH Maluku menempati Asrama Haji Antara Waiheru tahun ini, dimana Kabupaten Maluku Tenggara, Kota Tual dan Kabupaten Kepulauan Aru akan diberangkatkan dari daerahnya menuju ke Emberkasi Antara Makasar.

“Tahun ini JCH Maluku sudah menempati Asrama Haji Waiheru, tapi belum semuanya, karena kita belum Emberkasi Haji Antara jadi Kabupaten Maluku Tenggara, Kota Tual, dan Kabupaten Kepulauan Aru diberangkatkan dari daerahnya langsung ke Emberkasi Antara Makassar,”tutupnya. (GM/IA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: