Api Merambat Ke- Rumahwey

GLOBALMALUKU.com,MASOHI-Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) saat ini merambat di wilayah Kecamatan Seram Utara Barat. Sebelumnya api diketahui hanya membakar kawasan hutan dan lahan dua negeri bertetangga Saleman dan Horale, dan saat ini, api sudah merambat membakar wilayah Negeri Rumahwey.

Kebakaran di Rumahwey, informasih yang dihimpun media ini, api terdeteksi terjadi sekira pukul 11.00 Wit hingga 14.00 Wit, Senin kemarin.

“Kebakaran terjadi petuanan negeri Rumahwey pada Senin (23/9). Kebakaran terjadi sekira pukul 11.30 hingga 14.00 Wit,” ujar Camat Serut Barat Norman Risahundua.
Beruntung, kondisi yang ada dapat segera disikapi oleh personil satuan tugas Kebakaran Hutan dan Lahan yang besiaga di wilayah -wilayah dekat dengan lokasi kebakaran.
Yakni, satgas karhutla yang terdiri atas personil Polsek Seram Utara Barat, personil BKO 136 RK DAM I/BB, Pers Koramil 1502 -05 Wahai dan, Personil BPBD Kab. Malteng beserta Masyarakat Negeri setempat.

“Pemadam telah dilakukan pada sumber api pada lokasi kebakaran. zona 2 (bagian barat) Kec. Seram Utara Barat. Di petuanan Negeri Rumahwey,” katanya
Menurut Risahundua kebakaran terjadi pada lahan tanaman umur panjang milik warga, dan lahan kosong yang ditumbuhi tumbuhan liar serta alang-alang.

“Luas lahan kosong yang terbakar seluas kurang lebih 2 Ha. Jarak lokasi kebakaran dari negeri Rumahwey lebih kurang 500 M dari arah timur. Dan, 25 M dari ruas jalan lintas seram,” rincinya.
“Upaya mengantisipasi makin meluasnya lokasi kebakaran, dilakukan satgas larantuka dengan cara, meminimalisir
meluasnya sumber api, memadamkan api, dan memastikan api tidak kembali menyala pada lokasi yang habis dilanda kebakaran.

“Menyiram sisa bara api, dan memonitor lahan yang sudah terbakar,” urainya.
Diakui, penanganan bencana kebakaran masih terkendala sarana pendukung. Luas lahan, jarak tempuh dan kondisi geografis turut menghambat upaya pemadaman api.

“Termasuk, termasuk sumber air. Tapi sejauh ini, pemadaman dapat dilakukan optimal,” tutupnya. (GM-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: