Kirab Pusaka Nuswantara Oleh Perahu Kanjeng

GLOBALMALUKU.COM, JATIM- Majapahit adalah kerajaan terbesar yang pernah ada di Indonesia. Dengan puncak keemasannya di raja Hayam Wuruk dengan Maha Patih Gajah Mada, hampir menguasai seluruh wilayah Indonesia. Dan terkenal akan Sumpah Palapa nya. Letak Kerajaan Majapahit diperkirakan berada di wilayah kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto Jawa Timur, tetapi peninggalan-peninggalan kerajaan Majapahit banyak dijumpai tersebar di wilayah Mojokerto, Kediri, Jombang dan Sidoarjo

Menurut Kakawin Nagarakretagama pupuh XIII-XV, daerah kekuasaan Kerajaan Majapahit meliputi Sumatra, semenanjung Malaya, Kalimantan, Sulawesi, kepulauan Nusa Tenggara, Maluku, Papua, Tumasik (Singapura) dan sebagian kepulauan Filipina. Sumber ini menunjukkan batas terluas sekaligus puncak kejayaan Kemaharajaan Majapahit.

Selain melancarkan serangan dan ekspedisi militer, Majapahit juga menempuh jalan diplomasi dan menjalin persekutuan. Kemungkinan karena didorong alasan politik. Kakawin Nagarakretagama yang disusun pada tahun 1365 menyebutkan budaya keraton yang adiluhung, anggun, dan canggih, dengan cita rasa seni dan sastra yang halus dan tinggi, serta sistem ritual keagamaan yang rumit. Sang pujangga menggambarkan Majapahit sebagai pusat mandala raksasa yang membentang dari Sumatera ke Papua, mencakup Semenanjung Malaya dan Maluku. Tradisi lokal di berbagai daerah di Nusantara masih mencatat kisah legenda mengenai kekuasaan Majapahit.

Menurut bapak Imam Nabila yang sering di panggil Gus IMM budayawan mencetuskan peristiwa besar yang selama ini belum pernah dilakukan oleh budayawan manapun yaitu “Kirab Pusaka Nuswantara” yang dihadiri ribuan pelaku spiritual juga seniman yang mana kirab pusaka “PATAKA BERBAGAI WILAYAH ATAU BHRE” Majapahit di Jamas oleh Gus Imm dan di sakralkan dan di simpan di museum pribadi / Gallery Gus Imm  kraton desa Temon, Kecamatan Trowulan, Mojoketo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: