Ketua BN Jokma Jatim Tebar Benih di Kolam Segaran

Globalmaluku.com;Jawa Timur – Untuk melanjutkan tradisi atau uri-uri budaya terutama budaya lokal, Ketua BN Jokma Jawa Timur bapak Irawan melakukan tabur benih ikan dan pelepasan burung di kolam segaran – Trowulan. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 26 Januari 2020 sekitar jam 12 siang. Adapun benih yang disebar mujaer, nila, lele, tombro dan lainnya dengan jumlah sekitar lima puluh ribu benih (50.000).

Selain untuk uri-uri budaya dengan menabur benih ikan bisa bermanfaat bagi warga sekitar disaat ikan-ikan yang ditebar menjadi besar.

Menurut pemaparan bapak Irawan,” kolam segaran ini merupakan peninggalan kerajaan Mojopahit yang dibangun di abad ke tiga belas kolam segaran ini pada masa Kerajaan Majapahit berfungsi untuk memandikan kuda para prajurit sekali memandikan kuda bisa mencapai seribu ekor. Berarti ada berapa banyak pasukan Mojopahit yang ada saat itu. Saat ini kita kesini untuk meng uri-uri budaya Jawa yang sejalan dengan program Nawacita yaitu melestarikan budaya Nusantara membangun manusia Indonesia yang seutuhnya berdaya saing dan berkepribadian Nusantara. Kita memilih kolam segaran ini juga mengingatkan bahwa Kerajaan Mojopahit kekuasaannya lebih besar dari pemerintah yang sekarang. Dan benih ikan yang kita sebar ini pasti akan bermanfaat bagi masyarakat. Apabila benih ini telah menjadi ikan yang besar bisa dikonsumsi oleh masyarakat dengan di pancing. Dan kedepannya kita berharap agar pemerintah lebih berperan aktif dalam menjaga kebudayaan jelasnya.”(GM04)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: