PMII Rayon Talijagad UNUSIDA Gelar Camp Pergerakan

Globalmaluku.com;Jawa Timur – Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo Rayon Tali Jagad menyelenggarakan acara PEGAD ” Camping Pergerakan Tali Jagad” yang dilaksanakan di Padusan, Pacet. Kegiatan tersebut diikuti oleh 25 orang anggota. Didalam agenda tahunan ini diselipi follow up NDP (Nilai Dasar Pergerakan) dan kepemimpinan dengan pemantik Sahabat M. Farikh selaku bendahara umum PC PMII Sidoarjo.

NDP (Nilai Dasar Pergerakan ) sendiri memiliki arti suatu sublimasi nilai keislaman, keindonesiaan dengan kerangka pemahaman ahlussunnah wal jamaah sebagai manhaj al fikr. Dalam NDP sendiri terdapat empat point mendasar yakni Ketauhidan, Hamblum Minallah, Hablum minannas, dam Hablim minal Alam. Fungsi dari nilai dasar pergerakan ini sebagai kerangka refleksi, kerangka aksi serta kerangka ideologis.

Kepemimpinan (leadership) kemampuan seseorang dalam memimpin suatu organisasi yang dapat menyamakan perspektif anggotanya demi tercapainya suatu tujuan bersama. Sesungguhnya kita didunia ini di ciptakan sebagai seorang kholifah fil ard ( pemimpin di bumi). Maka secara tidak langsung itu adalah sebuah tugas bagi manusia. Jika memang masih belum bisa memimpin orang lain setidaknya kita memimpin diri kita sendiri.

Ndp serta kepemimpinan memang berkaitan satu dengan yang lain. Sebagai warga pergerakan dalam memimpin diminta untuk berpatokan dalam NDP ini. Secara tidak langsung kepemimpinan kita akan sesuai dengan menejerial organisasi.

Pada sambutan pertama pembukaan acara sahabati Febrianti selaku Ketua Kopri PK PMII Lintang Songo UNUSIDA menuturkan “Harapan kami selaku pengurus komisariat, agenda Camper Rayon Tali jagad dapat menjadikan motivasi untuk semakin bergerak dengannya dasar kekeluargaan karena momentum seperti camper adalah kesempatan mudah guna mencipta memori terbaik dalam keluarga”

Sambutan kedua oleh Ketua Rayon Tali Jagad sendiri sahabat Qomarul Alam ” Bahwa inti dari acara PEGAD ini adalah bagai mana kita dapat merefleksikan pikiran di alam yang terbuka dan ini juga termasuk pengamalan dari salah satu rumusan yang terdapat pada NDP yakni Hablum Minal Alam ” ungkapnya

Tujuan dari pengurus Tali Jagad sendiri agar para anggota dapat mengimplementasikan point yang ada dalam NDP. Selain itu juga kami juga menginginkan untuk meniadakan sekat antara pengurus dengan anggota (angkatan Kratos) demi kesolidan bersama dalam berproses di bingkai pergerakan.

Seperti apa yang di katakan ketua kopri Tali Jagad sahabat Mirza Anugrah ” Kekompakan kita jangan hanya berhenti pada titik ini, karena sesungguhnya PMII khususnya Rayon Tali Jagad milik kita bersama. Dengan diadakannya kegiatan ini diharap agar setelah kembali ke Sidoarjo kalian semua dapat mengimplementasikan kepada masyarakat. Semua itu sesuai dengan trilogi PMII (Dzikir, Fikir, Amal Sholeh).

Sementara Sahabat Rahmad Salam selaku Kaderisasi Komisariat berharap “dalam kegiatan ini kader ataupun anggota rayon tali jagad bisa saling bersinergi dan saling menjaga kekompakan,kekeluargaan dan keharmonisan dalam bingkai pergerakan, tidak lepas dari itu kader ataupun anggota mampu menjaga komitmen belajar dan bergerak”

Dalam penutup acara ada kesan pesan yang diberikan oleh salah satu angkatan Kratos “kesan dari camper ini terimakasih atas kebersamaannya. Terimakasih atas kepercayaan nya terhadap ang. Kratos untuk menyukseskan acara ini. Semoga kedepannya camper lebih baik lagi. Pesan : jangan sengaja pergi untuk di cari karena kesadaran dan tanggungjawablah yang membuat mu berarti salam pergerakan” ujar Wulan.

Camper ditutup langsung oleh Sahabat M. Farikh ” Pada intinya apa yg di jalankan hari ini di camper. Jangan hanya berhenti sampai disini. Akan tetapi harus di lanjut kan dan di dalami pasca kita keluar dari forum Dan bukan hanya camper sja baik itu mapaba, PKD dll.. Setelah kita mendapat kan sesuatu keilmuan. secara terus menerus harus di dalam i dan di kembangkan.(GM04)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: