Mahasiswa Pegunungan Seram Utara Angkat Suara Terkait Ketimpangan Pembangunan

GlobalMaluku.com,Seram Utara|Melihat kondisi masyarak yang berada di pegunungan Kecamatan Seram Utara Kabupaten Maluku Tengah,membuat mahasiswa pegunungan seram utara bersuara.

Pada tanggal 25 Agustus 2020 GEMA PENU SETARA [gerakan mahasiswa pegunungan seram utara] mengadakan rapat untuk membahas ketimpangan pembangunan di Negeri Negeri yang berada di pegunungan Seram Utara.

Ogeonius Itihuny menyampaikan bahwa Hasil yang paling penting dari pertemuan tersebut ialah mahasiswa dan pemuda pegunungan seram utara dalam waktu dekat akan mendatangi pemerintah daerah Kabupaten Maluku Tengah untuk mendesak pemerintah agar sesegera mungkin membangunan jalan kaloa, yang merupakan jalan penghubung  bagi masyarakat pegunungan seram utara.

Ogeonius yang juga adalah ketua gerakan mahasiswa pegunungan seram utara ini menuturkan bahwa dalam pertemuan yang dilakukan mahasiswa pegunungan  seram utara itu telah membahas banyak persoalan yang dihadapi oleh masyarakat pegunungan.

“mulai dari buruknya dunia pendikan,masalah kesehatan,hingga  perekonomian yang tidak normal dan juga jalur transportasi yang sangat buruk .tandasnya”.

Sehingga itu menurut Ogeonius dampak dari persoalan yang dirasakan oleh masyarakat pegunungan pada saat ini bisa memicu kecemburuan sosial di tengah tengah masyarakat.

“bayangkan saja di daerah lain bisa menikmati aspal kita harus mendaki gunung dan menyebrang sungai sambil memikul barang bawaan, di daerah lain bisa belajar menggunakan gedung sekolah yang baik,sedangkan anak anak di pegunungan seram utara harus belajar dengan perasaan takut yang di karenakan bangunan sekolah yang hampir roboh.”kesalnya.

Kemudian dipaparkan oleh ketua Mahasiswa pegunungan seram utara bahwa realita yang terjadi pada daerah pegunungan seram utara saat ini juga adalah sangat minimnya tenaga pengajar pada sekolah-sekolah di daerah pegunungan seram utara.

Karena hanya satu dua guru Sekolah Dasar yang mengajar kelas 1 sampai 6,hal ini tidak rasional menurut itihuny.

“kita dapat melihat bahwa kekurangan tenaga pendidik ini sangatlah berpengharu bagi pengetahuan peserta didik yang berada di pegunungan,kemudia dinilai dari segi bangunan fisik sekolah masih sangat jauh dari kata layak.

Selain hal itu yang tidak kalah penting dari pembangunan pegunungan seram utara ialah kesehatan manusianya yang menurut kami,layanan kesehatan yang masih sangat minim dalam hal tenanga medis ataupun obat-obatan yang disalurkan kepegunungan seram utara”ucapnya.

Menutup pembicarannya Itihuny mengtakan bahwa salah satu faktor utama lambatnya pembangunan manusia, kesehatan dan perekonomian di pegunungan seram utara ialah kondisi jalan yang buruk.

Dengan demikian kami sangat mengharapkan bapak bupati Maluku tengah dalam hal ini sebagai pemegang kekuasaan tertinggi di kabupaten Maluku tengah segera mengambil keputusan dalam melakukan percepatan pembangunan jalan kaloa menjadi faktor penentu pemabangunan Manusia, kesehatan dan perekonomian di pegunungan seram utara.”Tutupnya. (Lbr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: