Pemkab – PLN Teken MoU Pemungutan dan Penyetoran Pajak Penerangan Jalan

MASOHI,GLOBALMALUKU. COM | Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah dan PLN (persero) UP3 ambon dan PLN UP3 Masohi, Kamis (10/12), di Baileo Soekarno Masohi, menandatangani kesepakatan Kerjasama Pemungutan dan Penyetoran Pajak Penerangan Jalan.

Dengan ditandatanginanya kesepakatan bersama tersebut, maka dipastikan, penerimaan negara dari sektor pajak akan meningkat. Namun demikian, perlu ada keseriusan bersama dalam mengoptimalkan penarikan setoran pajak lampu jalan untuk semua pengguna jasa kelistrikan di Kabupaten Maluku Tengah.

Bupati Maluku Tengah Tuasikal Abua dalam sambutannya mengungkapkan respon positifnya terhadap kesrpakatan bersama antara PLN dengan pemerintah daerah. Sebab, menurutnya, penarikan pajak psnsrangan jalan merupakan benfuk ekseimbangan antara hak dan kewajiban warga negara.

Dikatakan, adalah kewajiban setiap warga negara, badan usaha maupun Instans pemerlntah untuk mengaktualisaslkan peran dan tanggung jawabnya guna menunjang pembiayaan negara dan pembangunan nasional.

“Roda pefekonomian saat ini masih tertatih karena sektor rill ikut terpukul kondlsl global. Sat itu sektor pajak menjadi sumber utama penerimaan negara, yang secara proporsional dapat dlgunakan untuk membiayai penyelenggaraan roda pemerintahan dan pelayanan publik,” tandas bupati.

“Yaknis, pembiayaan belanja pegawal, proyek-proyek pembangunan lnfrastruktur, sarana dan prasarana umum sepertl jalan, jembatan, sekolah, rumah sakit, puskesmas, dan bentuk pelayanan publik lainnya,” rincinya.

Dikatakan, kesamaan visi dan pemahaman tentang pengelolaan pajak sangat dibutuhkan. Namun sebaliknya, pelayanan pelayanan penerangan jalan juga harus didorong lebih optimal.

dalam rangka mengaktualisasikan kesepakatan bersama tersebut, bupati berharap, para pimpinan OPD dapat menjadi contoh kesadaran pembayaran beban rekenlng listik. Baik untuk perorangan maupun badan usaha.

“Pimpinan OPD harus menjadi contoh pewujudan keseimbangan antara hak dan kewajiban dalam menikmati pelayanan Ilstrik dari negara,” sebutnya. (GM-03)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: