Kalesang Negeri Kilang Merupakan Adat Dan Budaya Sejak Abad ke -12

AMBON,GLOBALMALUKU.COM | Masyarakat Negeri Kilang menggelar acara kalesang Negeri (bakti negeri)pada Sabtu(19/12/2020).

Negeri Kilang terdapat pada kecamatan Sirimau dan terletak di bagian puncak gunung Sirimau.

Acara Kalesang Negeri di Hadiri Wakil Gubernur Maluku Barnabas .N.Orno dan Komonitas Ina Beta Maluku(IBM).

Dalam sambutanya,wakil Gubernur Maluku Barnabas Orno menyuarakan salam dengan kata Mese .

Orno katakan , adat istiadat dan budaya jangan di lupakan oleh masyarakat negeri Kilang.Menyesal sekali rata_rata untuk di daerah Kristen Ambon, Seram dan Lease, bahasa daerahnya sudah hilang .

Jelasnya, kalau di Maluku Barat Daya(MBD) masih menggunakan bahasa ,baik itu anak kecil sampai yang dewasa dan tidak pernah hilang dari mereka.

Orno berharap ,kepada masyarakat negeri Kilang, tolong jangan sampai adat istiadat dan budaya kita hilang ,karena ini adalah salah satu perekat pembentukan etika dan moral generasi ,dan juga nilai-nilai agama juga nilai-nilai budaya,ujarnya.

” Pesannya kepada masyarakat Negeri Kilang dalam menghadapi covid -19 kita harus terbiasa makan pangan lokal untuk ketahanan tubuh kita dalam menghadapi covid -19,dan jangan lupa pakai masker, cuci tangan ,dan rajin cuci tangan.

Selain itu, raja negeri Kilang Michael .A Dquelju, katakan acara kalesang negeri ,untuk mempersiapkan negeri menyambut tahun 2021.

“Kita telah mempersiapkan untuk cuci negeri ,jadi kegiatan ini adalah bagian dari rintisan ,bakti negeri, ungkapnya.

Dquelju, katakan ,kalesang negeri merupakan adat istiadat dan budaya yang ada di negeri kami ,dan sudah ada sejak para leluhur dan sudah ada pada and ke-12,tuturnya.

“Negeri kilang ini adalah, negeri tua di kota Ambon , dan seluruh negeri raja-raja yang ada di pulau Ambon mengetahui hal tersebut,jelas Dquelju.

Dirinya juga katakan ,kita kembalikan dan lestarikan budaya dan adat yang kita miliki .Budaya ini bukan dilakukan lima tahun sekali ,namun setiap tahun berjalan ,dan pusatnya itu di bulan Desember .

Harapnya, ,untuk masyarakat negeri Kilang ,mari kita lestarikan budaya gotong royong ,kebersamaan untuk mengembalikan budaya-budaya serta adat istiadat yang kita punya,tandasnya. (GM-02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: