Harga Gabah Anjlok, Petani Menjerit

MASOHI,GLOBALMALUKU. COM | Harga jual gabah petani anjlok. Harga gabah yang sebelumnyaa masih berada pada kisaran Rp. 4.800 / Kg, turun hingga menyentuh angka Rp. 2.200/Kg.
Dengan kisaran harga sebelumnya, petani masih bisa merasakan keuntungan sekaligus untuk prmbiayaan operasional pada musim tanam lanjutan, tapi, dengan kondisi saat ini, jangankan untung, petani malah harus memutar otak kembali guna menyiasati pembiayaan musim tanam berikutnya.
Saat ini, petani sudah harus melakukan penanaman kembali lahan sawah mereka.
Demikian kondisi ril yang dihadapi yang dihadapi para petani di Kecamatan Seram Utara Timur Kobi dan Seram Utara Timur Seti sebagaimana dikisahkan Anggota DPRD maluku Tengah Hasan Alkatiri.
“Kondisi yang saat ini menimpa para petani di Kobi dan Seti. Kondisi ini sangat memprihatinkan, ” kata wakil rakyat asal daerah pemilihan setempat (Seram Utara Timur Kobi,
Seram Utara Timur Seti, dan Seram Utara Barat) ini dalam rapat Paripurna DPRD malteng dengan Agenda, Penyerahan surat-surat masuk masyarakat ke DPRD, Jumat (8/1).
Dalam rapat Paripurna yang dipimpin Hary Men Karl Haurissa ini, Alkatiri berharap, ada kearifan pemerintah menyikapi kondisi yang tengah dialami petani setempat saat ini. Dan, mengantisipasi kemungkinan terjadinya hal serupa di masa mendatang.

“Pemerintah dan DPR harus duduk bersama untuk melihat persoalan ini, ” sarannya.
Konkrit kearifan seperti apa yang harus diambil pemerintah ? Alkatiri
Untuk langkah darurat, disarankan agar pemedintah dapat mengatur pembelian gabah petani demi menjamin ketersediaan stok beras masyarakat malteng. Baik darisegi kuantitas maupun kualitas.
“Pemerintah diharapkan dapat bekerja sama dengan bulog untuk membeli gabah petani dengan standar harga Nasional. Itu dulu yang terpenting dilakukan saat ini, ” usulnya.
Terhadap penyampaian Alkatiri, Wakil Ketua DPRD maluku Tengah yang memimpin jalannya Rapat paeipurna, Hary Men Karl Haurissa berjanji akan menindak lanjuti informasi yang disampaikan Alkatiri. Termasuk instruksi mengagendakan pertemuan antara pihak DPR dengan lembaga Eksekutif.
“Akan kita tindak lanjuti, ” ikrar Haurissa sebelum menutup rapat saat itu. (GM-03)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: