Ketua Tim Penggerak PPK Provinsi Maluku Akan Lakuka Rapid Test Secara Drive Thru

AMBON,GLOBAL MALUKU.COM | Ketua Tim penggerak pemberdayaan dan Kesehatan dan keluarga (TP-PKK) Widya Murad Ismail akan melakukan rapid test antigen gratis atau Rapid test Drive Thru ,khusus untuk sopir angkot dan tukang ojek dan juga tidak tutup kemungkinan untuk masyarakat juga yang mau Rapid Antigen.

Rapid Test Drive Thru akan di pusatkan di lapangan upacara Polda Maluku,dan melibatkan 16-20 tenaga kesehatan provinsi Maluku pada tanggal 27 Februari 2021.

Pelayanan tersebut inisiatif dari Ketua TP-PKK Provinsi Maluku, Widya Murad Ismail, ini di lakukan setelah membentuk satgas Covid-19 TP-PKK Provinsi Maluku.

“Sekitar 2.000 rapid test ,dan ini target, pada tanggal 27 Februari ini.

Istri Gubernur Maluku ini katakan ,sebagai Inalatu Maluku, mama orang Maluku ,saya mempunyai tanggung jawab keberadaan kesehatan masyarakat Maluku, sehingga kami melakukan gerakan pertama ,adalah Rapid antigen gratis untuk masyarakat dimana tidak di pungut biaya sama sekali” ungkap widya kepada wartawan di gedung TP-PKK Maluku (15/2/2021).

” Dirinya merasa terpanggil mengingat biaya rapid yang masih tinggi dan sulit dijangkau masyarakat bawah.
Selain itu masih banyak masyarakat yang memiliki rasa takut ke rumah sakit untuk rapid test,ujar Widya.

“Ia juga katakan ,ada rasa ketakutan dari masyarakat, ke rumah sakit atau ke dokter, untuk itu saya menginisiasi bahwa kita TP-PKK Provinsi Maluku melalui satgas, melakukan kegiatan Rapid antigen gratis di dalam mobil atau motor, pelaksanaannya tanggal 27 Februari ini dengan sasarannya kepada sopir angkot maupun tukang ojek dan masyarakat,” tuturnya.

Menurut Widya, tidak berbelit, warga hanya menyiapkan fotokopy KTP dan menulis nomor handphone di balik KTP.
“Jika kemudian dalam pemeriksaan ada yang positif maka akan dianjurkan untuk dilanjutkan swab test PCR ,” paparnya.

Kegiatan ini,dilakukan sehari namun ini hanya Awal dan nantinya kedepan akan dipikirkan dan dilakukan lagi dilokasi yang berbeda.

“Untuk persyaratan fotokopy KTP ,dan menulis nomor handphone dibalik KTP , pelaksanaannya hari itu juga,dan hari itu juga hasil ada

Kami akan melakukan sosialisasi ke masyarakat dan beberapa hari kedepan untuk ojek-ojek dan sopir-sopir. Hal ini merupakan, rasa peduli saya untuk Maluku memutus mata rantai Covid-19. Kedepan tindak lanjut kami akan turun ke satu kabupaten yakni Kabupaten Malra,” kata Widya.

Lebih lanjut dirinya katakan , kedepannya juga akan dibentuk untuk satgas Covid-19 TP-PKK kabupaten/kota agar lebih menginisiasi dan bisa turun langsung ke masyarakat,tutupnya. (GM-02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: