Pasar Binaya Akan menampung lebih banyak Pedagang

Masohi, GLOBALMALUKU.COM | Pasar Binaiya Masohi atau yang sebelumnya dinamai Masohi Plaza (Plaza) dipastikan akan menampung lebih banyak pedagang pasca renovasi total nantinya.

Sebab, seluruh lantai gedung dipastikan sudah dapat difungsikan setelah direnovasi.
Kabid Pengembangan Pasar Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Maluku Tengah, Marasabessy menandaskan hal ini kepada GLOBALMALUKU. COM di ruang kerjanya, Kamis (18/2).
Dikatakan, proyek renovasi total gedung pasar Binaiya memang bertujuan untuk mengoptimalkan pemanfaatan “ikon” Kota Masohi itu sebagai pusat perbelanjaan.
“Tujuannya renovasi total pasar Binaiya ini adalah, agar lebih banyak pedagang dapat ditampung. Agar gedung yang ada dapat dioptimalkan layaknya pusat perbelanjaan di kota-kota lain di indonesia, ” tandas Marasabessy.
Untuk mewujudkan itu, tentunya tidak serta merta hanya melalui renovasi fisik gedung semata. Daya dukung gedung pasar binaya akan dimaksimalkan. Mulai dari fasilitas penerangan hingga air bersih dan fasilitas WC umum.
“Menyangkut listrik, tentu, kita (pemerintah) akan menyediakan khusus untuk penerangan lokasi pasar saja. Sedangkan untuk kebutuhan aktifitas jual beli menjadi tanggung jawab masing-masing (pedagang). Atau pemilik lapak. Terkait air bersih dan fasilitas penunjangnya. Akan dipayakan pembuatan sumur bor dan fasilitas WC umum oleh pihak ketiga. Tentunya, semua fasilitas penunjang kelancaran proses perdagangan akan disediakan, ” tukas Marasabessy.
Pernyataan Marasabessy ini sedikitnya mengisyaratkan bahwa ada peluang bagi lebih banyak pedagang untuk mengisi lokasi pasar Binaiya.
Jumlahnya bisa setara atau bahkan lebih banyak dari jumlah pedagang sebelumnya. Jenis kegiatan perdagangan dipastikan akan lebih variatif.
“Diutamakan bagi pedagang yang sudah ada terlebih dulu. Ketentuan utama bagi pedagang baru adalah, bila hingga tenggat waktu tertentu tidak beraktifitas, lokasi miliknya akan ditarik untuk diserahkan kepada pedagang baru yang benar-benar serius ingin berdagang,” papar Marasabessy. (GM-03)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: