Gagasan Menggelar Penyuluhan Bahasa Indonesia Bidang Hukum Merupakan Upaya Preventif KB Promal

GLOBALMALUKU.COM, MASOHI – Kepala Kantor Bahasa Provinsi Maluku, Sahril menyebut, Kegiatan penyuluhan Bahasa Indonesia bidang hukum yang digelar pihaknya merupakan upaya preventif menghindarkan ancaman hukum bagi semua elemen masyarakat dalam hubungannya dengan penggunaan bahasa Indonesia.

Faktanya, di Indonesia, jumlah kasus ujaran kebencian dan pencemaran nama baik yang berujung pemidanaan terhadap pelaku cukup signifikan. “Intinya, kita mencoba mengedukasi tentang pemaknaan penggunaan bahasa Indonesia yang benar. Hal ini kerap duanggap sepele tapi kenyataannya, hal inilah yang menjadi alasan pelapor memolisikan pelaku. Penyuluhan bahasa Indonesian bidang hukum sejatinya merupakan upaya preventif kita (Kantor Bahasa) agar kasus-kasus serupa bisa diminimalisir, ” tandas Sahril, akhir pekan kemarin di Masohi.
Sekadar tahu, Ragam kasus pidana akibat penggunaan bahasa yang masuk dalam kategori penistaan, pencemaran nama baik dan ujaran kebencian juga tercatat terjadi di wilayah Provinsi Maluku.
Bahkan ada pula kasus yang terjafi di wilayah Kabupaten Maluku Tengah.
“Nah, penyuluhan yang kita lakukan diharapkan dapat meminimalisir kejadian-kejadian serupa dimasa mendatang. Sebab, kalau sudah masuk ranah pidana, tidak ada lagi yang bisa dilakukan, ” pungkas Sahril. (MYX) 

Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *