Barends Serahkan Bantuan Paket Daring

GLOBALMALUKU.COM, AMBON – Anggota Komisi VII DPR RI, Dapil Maluku, Mercy Chriesty Barends memyerahkan bantuan paket daring kepada Fakultas Teknik, Universitas Pattimura, Ambon.

Bantuan yang berasal dari dana Corporate Sosial Responsibility (CSR) Pertima ini, diterima langsung oleh Dekan Fakultas Teknik, Dr. Ir. Wolter R. Hetharia, M.App.Sc, diruang kerjanya, selasa (03/03/2021).

“Perkulihaan sebagian besar lewat daring, jadi dari dana CSR Pertamina sebesar Rp250 juta dimanfaatkan untuk pengembangan seluruh instalasi pendidikan berbasis daring untuk Fakultas Teknik,”ujar Barends.

Selain penyerahan bantuan, dirinya bersama Dekan dan jajaran membicarakan posisi Fakultas Teknik sebagai salah satu Fakultas unggulan Unpatti, untuk menyambut Lumbung Ikan Nasional (LIN), Blok Masela dan lain sebagainya.

Ternyata, program-program yang disampaikan dalam memyambut proyek nasional itu sudah cukup luar biasa, berkaitan pengembangan fasilitas marine.

“Kebetulan saya di Badan anggaran, jadi usulan dari Unpatti yang berkaitan dengan program pengembangan fasilitas marine tahap kedua debesar Rp17,7 miliar telah disahkan di banggar, itu dikoordinasikan antara Unpatti dengan Kementerian. Tapi karena semua dokumen harus dibawa masuk ke banggar, saya senang sekali bahwa ternyata melibatkan fakultas teknik dan sejumlah kampus lain yang relevan dengan pengembangan program ini dan sangat cocok sekali untuk kepentingan Maluku dalam implementasi program LIN,”tuturnya.

Walaupun demikian, dirinya berharap kedepan Fakultas Teknik terus mengembangkan program-program yang lebih berkualitas lagi, sehingga menjadi trendsetter tekonologi, informasi, riset dan lain sebagianya.

“Jadi kitalah yang menjadi penentu tekonologi yang ada di Maluku. Kita punya prodi industri dan macam-macam prodi yang ada disini. Untuk itu koordinasi akan terus dilakukan kedepan,”harapnya.

Hal lain yang dibicarakan, kata Barends berkaitan seluruh capaian penelitian berbasis pengembangan teknologi agar dapat dimanfaatkan kepada masyarakat.

Karena menurutnya, dalam tahun ini, berdasarkan koordinasi dengan Dirjen Ristek brin lewat Dirjen Riset dan Pengembangan, ada beberapa program berkaitan desiminasi teknologi kepada masyarakat kecil.

“Hal ini sementara dikoordinasikan, mungkin dalam waktu dekat akan dapat diusulkan langsung ke Kementerian, semoga bisa berjalan dan berguna bagi masyarakat kecil,”ucapnya.

Selain itu, kata Kader PDI Perjuangan Maluku ini, ada sejumlah hasil teknologi yang telah dikembangkan lewat penelitian yang cukup luar biasa. Sehingga sudah waktunya Fakultas Teknik memastikan apa yang selama ini dikerjakan betul-betul memberikan dampak terhadap penguatan ekonomi masyarakat kecil dibawah, khusus sektor kelautan, marine industri dan lainnya yang tepat guna kepada masyarakat kecil.

“Yang paling penting adalah kita mempersiapkan seluruh perlengkapan laboratorium dari Fakultas Teknik. Ini kita punya sejumlah Laboratorium, perencanaan untuk pengadaan peralatan lab akan disiapkan secara lengkap supaya kita bawa ke jakarta, untuk kemudian dengan seluruh ketentuan yang berkaitan aturan Undang-Undang berlaku, dapat kita selesaikan kebutuham laboratorium dari Fakultas Teknik,”tuturnya.

Terhadap bantuan, Dekan Fakultas Teknik, Dr. Ir. Wolter R. Hetharia, M.App.Sc, mengungkapkan bantuan yang diberikan sangat bermanfaat dalam proses pembelajaran daring.

Karena menurutnya, ada kendala yang dialami dalam sistim pembelajaran dengan zoom, dikarenakan kapasitas yang terbatas.

Sehingg dengan bantuan ini sangat membantu, karena bisa dibagi atas dua split, satu untuk perkulihaan, satunya bisa dingunakan untuk webinar nasional atau internasional.

“Bantuan ini sangat bermanfaat bagi kita. Kami mengucapkan terima kasih atas kunjungan ibu Mercy Barends dalam hal mensuport perkulihaan yang ada di Fakultas Teknik, Unpatti,”pungkasnya. (AB)

Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *