Sekda Kasrul Ikuti Ceramah Ustadz Abdul Somad

GLOBALMALUKU.COM, AMBON – Pada acara Khatmil Quran TPQ Ar-Rahmah Ambon dan Peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1442 Hijriyah Tahun 2021, Sekretaris Daerah Maluku Kasrul Selang mengikuti ceramah Ustadz Abdul Somad (UAS) Lc. MA.

Tak hanya Sekda, ceramah ustadz asal Pekanbaru itu juga diikuti anggota DPD RI Dapil Maluku Ana Latuconsina, Kapolresta Pulau Ambon & P.P Lease Kombes Pol Leo Surya Nugraha, Imam Besar Masjid Raya Al-Fatah Ambon KH. RR Hasanussy, Ketua Yayasan Ar-Rahmah Ambon Habib Rifqi Al-Hamid, para Alim Ulama Ustadz dan Ustadzah, forkopimda lingkup Provinsi dan Kota Ambon serta para tokoh agama dan masyarakat.

Acara ini diselenggarakan Yayasan Ar-Rahmah Ambon di Swiss-Belhotel, Rabu, (10/3/2021).

Pada kesempatan ini Sekda mengatakan, salah satu visi misi Pemda Maluku yang dinahkodai Gubernur Murad Ismail dan Wakil Gubernur Maluku Barnabas Natanhiel Orno, adalah mengedepankan Kesejahteraan Masyarakat dan Mengurangi Angka Kemiskinan. Kesejahteraan yang dimaksud bukan hanya kehidupan ekonomi saja, namun juga kehidupan dari sisi religius lalu menciptakan iklim yang kondusif antar agama di Maluku.

“Kami punya kegiatan agama yang luar biasa. Bahkan nanti kita punya (Selenggarakan) MTQ di Kepulauan Tanimbar. Populasi muslim di kawasan ini hanya 4 persen. Tapi mereka disana sangat antusias melaksanakan MTQ tingkat provinsi disana. Rencananya, September akan dilaksanakan disana,” katanya.

Sekda menjelaskan, event keagamaan tingkat nasional pernah dilaksanakan di Ambon Maluku. Di tahun lalu, Pemda sebenarnya ingin melaksanakan Utsawa Darma Gita. Festival ini merupakan lomba nyanyian suci bagi agama Hindu. Namun tertunda akibat Covid-19. Meski begitu, di tahun ini, lomba tersebut digelar namun melalui virtual.

Kemudian, lanjut Sekda, Pemda juga memfasilitasi dibangunnya beberapa fasilitas keagamaan seperti Kristiani Center, Katolik Center, Hindu Center, Budha Center dan lebih dulu dibangun Islamic Center. Pemerintah menyiapkan fasilitas, sementara para Ulama dan tokoh agama akan mengelola fasilitas ini untuk memajukan umat.

“Selamat datang Ustadz dan rombongan di Ambon Maluku. Mohon maaf kalau ada kekurangan,” ujar Sekda.

Ditempat yang sama, UAS menjelaskan sejarah Isra Mi’raj, yang merupakan bagian kedua dari perjalanan Nabi Muhammad SAW, dalam waktu satu malam saja. Peristiwa ini sangat penting bagi umat Islam. Dari peristiwa inilah, Nabi Muhammad SAW mendapat perintah dari Allah SWT untuk menunaikan shalat lima waktu sehari semalam.

Ceramah ini, lanjut UAS, berkaitan dengan peringatan Isra Mi’raj yang akan jatuh pada tanggal 11 Maret 2021, Kamis besok. Sehingga sangat menarik ketika dirangkai dengan kegiatan Khatmil Quran yang diselenggarakan Yayasan Ar Rahman.

“Bagusnya setiap ada kegiatan tentang peringatan Isra Mi’raj harus dibarengi dengan Khatmil Qur’an seperti ini. Dan hal ini baru pertama kali dilakukan di Ambon Maluku,” jelasnya, melanjutkan ceramah.

Sementara itu, Ketua Yayasan Ar-Rahmah Ambon Habib Rifqi Al-Hamid menjelaskan, ia sengaja mendatangkan UAS untuk menghadiri Khatam Quran dan Peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW, agar sekaligus melihat lokasi Pembangunan Pondok Pesantren Ar-Rahmah Ambon yang akan dibangun di Negeri Liang. Pondok ini dibangun khusus bagi para santri penghafal Al-Qur’an.

Bahkan pihaknya berencana mengadakan ceramah UAS semeriah mungkin yang dipusatkan di lapangan Merdeka Ambon. Hanya saja, karena masih dalam zona orange penyebaran Covid-19, sehingga kegiatan ini dilaksanakan di Swiss-Belhotel lalu dibatasi jumlah tamu yang hadir, dengan mengedepankan protokol kesehatan.

“Sebenarnya kami ingin kegiatan ini dilakukan semeriah mungkin di lapangan Merdeka. Tapi karena Covid-19, kita hanya diizinkan di hotel. Dan sudah saya bicarakan juga dengan guru UAS, dan beliau bersedia,” pungkas Habib.

Pada kesempatan ini, Sekda dan Ketua Yayasan Ar-Rahmah Ambon Habib Rifqi Al-Hamid, mendampingi UAS menyerahkan ijazah sekaligus ucapan selamat kepada 6 Santriwan dan 3 Santriwati penghafal serta menghantam kan Al-Qur’an 30 juz. (AB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: