Leimena Di Lantik Sebagai Raja Ema

AMBON, GLOBALMALUKU.COM – Walikota Ambon Richard Louhenapessy melantik Jancre Tresia Leimena sebagai raja Negeri Ema, Kecamatan Leitimur Selatan periode tahun 2021-2027.

Pelantikan berlangsung di Unit Layanan Administrasi (ULA), Jumat (26/3/2021) yang menerapkan protokol kesehatan.

“Dalam sambutannya Walikota katakan, hari ini saya melantik ,saudara Jancre sebagai raja Negeri Ema. Saya percaya bahwa ,sudara bisa melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, sejujur-jujurnya dan adil sesuai tanggungjawab dan kewajiban yang diberikan,”ujarnya.

Menurut Leohanapessy saya tahu persis kelemahan sistem pemerintahan di Kota Ambon pada Negeri adat karena diatur oleh negeri adat.

“Sehingga dari tahun ke tahun untuk pemerintahan ,orang berbuat sesuai dengan keinginannya karena tidak tertulis. Yang lebih repot lagi, orang menafsirkan sesuai kepentingan pribadi atau kelompok.

Semestinya kita harus bersyukur, karna diera revormasi ini, nilai-nilai kearifan lokal mendapatkan tempat, dan kita kembali mengembangkan  nilai-nilai klutural yang hidup ditengah masyarakat kita,”ungkapnya.

Dari 50 desa dan kelurahan yang ada di Kota Ambon, 22 adalah negeri adat, sehingga perlu dijaga nilai kluturalnya.

Louhenapessy juga ungkapkan ,Pemkot Ambon tidak mau intervensi dalam seluruh mekanisme adat yang ada di negeri-negeri adat.

“Sehingga hal ini, yang membuat kita terlambat, karena saya tidak mau buat kesalahan itu. Negeri Ema hari ini telah menunjukan kinerja yang luar biasa lewat tugas saniri yang menetapkan mata rumah parintah adalah Leimena yang sejalan dengan bukti yang kita miliki,”terangnya.

Ia berharap, raja yang baru dilantik untuk membangun komunikasi dan konsolidasi dengan semua komponen yang ada di masyarakat ,tandasnya (AB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: