Bupati Respon positif, , KBBU Amahai Optimis Pengembangkan Bandara Amahai direspon Pempus

MASOHI, GLOBALMALUKU.COM – Kepala Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara (KUPBU) Amahai Januaris Seralurin mengungkapkan dukungan positif bupati Maluku Tengah Tuasikal Abua terhadap rencana pengembangan Bandara Amahai.

“Bupati sangat mendukung pengembangan Bandara Amahai,” katanya, kemarin.
Sekadar tahu, Panjang landasan pacu bandara amahai saat ini 1250 m dengan lebar 23 M. Sesuai rencana, panjang landasan pacu bandara Amahai akan ditambah 750 m dengan luasan yang sama.
Diharapkan, penambahan panjang landasan ini akan berkontribusi pada peningkatan jam terbang sekaligus pada kapasitas moda transportasi udara. Tidak sebatas itu, penambahan sejumpah fasilitas juga akan dilakukan.
Seralurin kepada koran ini mengungkapkan, dukungan bupati terhadap pengembangan bandara Amahai diungkapkan langsung Bupati Tuasikal Abua di ruang kerjanya awal pekan kemarin.
“Rencana pengembangan bandara Amahai direstui. Bahkan, bupati berharap pengembangan bandara Amahai bisa setara dengan bandara lain di Provinsi Maluku, ‘ katanya.
Mantan KUPBU Saumlaki yang sukses mendorong pengembangan bandara Olilit di Saumlaki ini mengisahkan, bupati Tuasikal Abua langsung menginstruksikan pembentukan tim 9 guna percepatan penyelesaian lahan yang direncanakan masuk kawasan pengembangan bandara.
“Tim 9 sudah dibentuk. Bupati bahkan sudah menggagendakan pertemuan dengan masyarakat setempat yang lahannya masuk dalam kawasan pengembangan bandara. Juga dengan pihak TNI angkatan Udara, ” papar Januaris.
Januaris menyebut, perjuangan pengembangan Bandara Amahai selanjutnya setelah masalah lahan tuntas adalah, pengusulan ke Dirjen Perhubungan Udara dan Kementrian Perhubungan untuk ditindaklanjuti dengan realisasi pembangunan.
Terkait respon pempus nantinya, Januaris sangat optimis. Parameternya adalah, upaya pengembangan daerah. “Letak bandara Amahai di pusat Kota Kabupaten. Pengembamgan bandara sangat potensial untuk mendorong laju pertumbuhan ekonomi masyarakat dan pengembangan daerah. Untuk alasan, itu, pempus pasti merestui, ” sebutnya. (MYX)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: