106 Siswa SMA N Siwalima Di Wisuda, Ini Pesan Gubernur Maluku

Ambon, GLOBALMALUKU.COM – SMA Negeri Siwalima Ambon melaksanakan wisuda yang ke – 13, yang dipusatkan di Auditorium Unpatti Ambon, Selasa (4/5/2021). Sebanyak 106 siswa/siswi yang mengikuti wisuda tahun ini. Wisuda peserta didik itu, berdasarkan SK Kepala SMA setempat Nomor 422/253/SMAN.SL/2021.

Wisuda angkatan ke-13 ini, dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Kasrul Selang, Plt. Kadis Pendidikan Maluku Insun Sangadji, Rektor Unpatti Ambon M.J. Saptenno. dengan tema “Merajut Kemajuan Bangsa melalui Spirit Siwalima Muda Bersendikan Kebhinekaan.”
Gubernur Maluku, Murad Ismail dalam sambutannya yang dibacakan Sekda Maluku, menyampaikan tiga pesan penting.
Pertama, momentum wisuda bukanlah akhir dari suatu perjuangan, tetapi merupakan awal untuk melaju ke pendidikan yang lebih tinggi.
“Karena itu, pemerintah daerah berharap, para wisudawan tidak cepat berpuas diri dengan capaian saat ini. Mereka akan menempuh studi di perguruan tinggi. Untuk itu, terus belajar dan tingkatkan prestasi, karena SMA N Siwalima merupakan salah satu sekolah unggulan di Maluku,” imbau Sekda.
Kedua, almamater adalah bagian dari jati diri dan hidup. Mereka suatu saat bisa eksis sesuai profesi masing-masing, karena
pernah mengikuti proses pembelajaran dan penggemblengan di sekolah.
“Satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah rasa cinta kepada para guru, teman dan almamater,” kata Sekda.
Ketiga, suatu saat para wisudawan akan tumbuh dan berkembang di bidang masing-masing.
“Ada yang menjadi birokrat, profesional, akademisi, prakatisi hukum, TNI/Polri, pengusaha, politisi, petani dan nelayan. Semuanya menjadi yang terbaik di bidang mereka masing-masing dan bermanfaat untuk bangsa, khususnya Maluku,”sebutnya.
Ia pun merasa bangga dan menyambut gembira pelaksanaan wisuda ini, karena memiliki makna yang strategis, bukan saja bagi para wisudawan dan orang tua atau keluarga, tetapi juga bagi kepentingan daerah, bangsa dan negara.
“Wisuda ini menunjukkan eksistensi SMA N Siwalima Ambon, yang setiap tahun mampu melahirkan sumber daya manusia berkualitas, sebagai aset penting bagi daerah, bangsa dan negara,”ungkapnya.
Berkaitan dengan pagelaran wisuda, yang kali ini bertepatan dengan bulan Pendidikan Nasional Tahun 2021, mengatasnamakan pemerintah daerah Sekda, menyampaikan selamat Hari Pendidikan Nasional bagi seluruh insan pendidikan.
Momentum ini diharapkan semakin memajukan pendidikan Maluku yang lebih berkualitas.
“Sebab, pendidikan merupakan salah satu instrumen yang paling besar pengaruhnya, untuk transformasi peradaban suatu bangsa,” tuturnya.
Di akhiri sambutannya, Sekda menyampaikan terima kasih kepada seluruh jajaran dewan guru SMA N Siwalima Ambon yang telah mendharma- baktikan seluruh waktu dan tenaganya, untuk membimbing anak-anak Maluku.
“Tidak ada yang dapat kami berikan, cuma ucapan doa semoga Allah SWT, Tuhan yang Maha Kuasa senantiasa merahmati bapak/ibu sekalian,” tutup Sekda.
Sementara itu, Plt Kadis Pendidikan Maluku, Insun Sangadji mengatakan, prestasi yang pernah diukir para wisudawan saat sekolah, bisa menjadi motivasi bagi mereka.
“Meski telah lulus, kualitas para lulusan itu diharapkan lebih baik lagi kedepan. Sebab, dimana pun mereka kuliah atau bekerja, masyarakat akan mengenang bila mereka adalah lulusan Siwalima,” ungkap Insun.
Ia pun menyampaikan selamat datang menuju kehidupan baru. Semoga ilmu yang telah didapatkan bisa berguna untuk masa depan.
“Selamat berjuang kembali untuk meraih apa yang sudah diimpikan. Wisuda yang menjadi impian selama ini, kini telah berhasil dicapai,” katanya.
Sementara itu, Kepala Sekolah SMA N Siwalima Ambon, Nasir Tidore berharap, para lulusan tidak merasa puas dengan prestasi yang pernah dilakukan saat masih sekolah.
Dirinya, menaruh harapan besar kepada semua wisudawan agar menjadi duta yang mengharumkan nama almamater.
“Para wisudawan diharapkan untuk bisa mempraktikkan semua nilai yang pernah ditanamkan saat mengenyam pendidikan di sekolah. Kalian harus bisa hidup dan bertahan di tengah zaman modern yang penuh tantangan ini. Berusahalah untuk mengharumkan nama almamater di manapun kalian berkarya,” harapnya.
Pada kesempatan itu, disampaikan juga 10 lulusan terbaik SMA N Siwalima Ambon yaknu,
1. Muhammad Sofyan Daud Pujas.
2. Stevan Joni Septory.
3. Rausyan Fikri Rumluan.
4. Kho Ahmad Niapele.
5. Agnes Nanuru.
6. Jean Juliet Latupeirissa.
7. Nazalyah Umayrah Jamaludin.
8. Diva Natasya Souisa.
9. Mochammad Arvin Adi Syahputra, dan
10. Yona Delvia Tuasela.

(AB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: