DPC Nikeuba Malteng Bergerak

Masohi, GLOBALMALUKU.COM – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Federasi Serikat Buruh Niaga, Informatika, Keuangan, dan Perbankan (FSB NIKEUBA) Kabupaten Maluku Tengah, Senin (10/5) Kemarin  resmi memasukan dokumen pembentukan organisasi ke Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Maluku Tengah untuk dicatatkan.

Penyampaian dokumen kepengurusan ini merupakan pentahapan wajib organisasi buruh, sebagaimana diatur Undang -Undang No. 21 Tahun 2000 Tentang Serikat Pekerja/Buruh.
“Secara resmi, kita sudah menyampaikan dokumen kepengurusan DPC Nikeuba Maluku Tengah kepada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Saya sendiri yang menyampaikannya dan diterima langsung oleh Kepala Bidang Tenaga Kerja Disnakertrans, Zainal Latukonsina, SE,”ungkap Ketua Bidang Hukum dan Advokasi DPC Nikeuba Maluku Tengah Ahmad Ajlan Alwi,SH,.MH.
Dokumen Kepengurusan DPC Nikeuba Malteng yang disampaikan terdiri atas dokumen Kepengurusan inti DPC FSB Nikeuba Maluku Tengah, dan empat dokumen Pengurus Komisariat FSB Nikeuba Maluku Tengah.
Ajlan berharap, dokumen yang disampaikan selanjutnya dapat ditindak lanjuti oleh
pihak Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi secara profesional.
Dengan begitu, kerja-kerja organisasi Nikeuba dapat segera dijalankan yakni, perlindungan terhadap hak-hak buruh di seluruh wilayah di Kabupaten Maluku Tengah.
“Kita berharap, bukti Nomor Pencatatan dapat segera kita kantongi. Tentunya, dengan tidak melabrak regulasi. Dengan begitu, niat pembentukan organisasi yakni memperjuangkan terpenuhinya hak-hak para buruh dapat segera kita lakukan,” katanya.
“Respon positif pemerintah terhadap nasib serikat buruh sangat ditentukan dari respon terhadap dokumen yang kita sampaikan. Tapi prinsipnya, kita optimis bahwa FSB Nikeuba Maluku Tengah dapat mengantongi Nomor Pencatatan sebagai organisasi serikat pekerja / buruh di Kabupaten Maluku Tengah,” yakinnya.
Sebelumnya, pasca menerima dokumen kepengurusan serikat buruh FSB Nikeuba, staf Hubungan Industrial (HI) Tenaga Kerja, Zainal Latukonsina mengutarakan komitmen dan dukungannya terhadap pembentukan wadah berhimpun buruh tanpa terkecuali.
“Dokumen ini kita terima dan pelajari. Bila ada kekurangan, segera kita komunikasikan untuk dilengkapi,” Ucapnya di kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Maluku Tengah.
“Dan, kalau sudah lengkap, kita akan berikan bukti pencatatannya,” timpalnya.
Sekadar tahu, Kepengurusan DPC FSB Nikeuba Maluku Tengah dikukuhkan langsung oleh Ketua Umum FSB Nikeuba Carlos Rajagukguk awal April lalu di ruang pertemuan Golden Hotel, Ambon,
Pelantikan dihadiri langsung oleh Presiden DEN Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI) Elly Rosita Silaban serta disaksikan oleh segenap pengurus KSBSI Provinsi Maluku.

(MYX)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: