Harga Cabai Fluktuatif. 22 Bahan Baku Di Rencanakan Akan Masuk

Ambon,GLOBALMALUKU.COM – Sejak selesai Idul Fitri 1452 H , harga bahan pokok sudah mulai kembali normal, kecuali cabai yang masih fluktuatif.

Menurut Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Maluku, Elvis Pattiselano, harga cabai masih berkisar Rp 60 ribu sampai Rp 70 ribu.”Kemarin sempat naik di Rp 71 ribu dan Rp 72 ribu,”ungkapnya kepada media ini di ruang kerjanya pada Jumat (28/05/2021).

Jelas Pattiselano, kemarin telur juga sempat terjadi kenaikan, dari Rp 27ribu per kilo menjadi Rp 30 ribu per kilo. “Harga telur naik karena 22 kontainer yang terakhir masuk H-1 Idul Fitri 1442 H, ternyata sudah habis. Mengapa demikian karena sejak H-1 Idul Fitri dan H + 2 Idul Fitri ,belum ada kapal masuk. Hal ini dikarenakan libur Idul Fitri sehingga aktivitas di pelabuhan Surabaya baru dimulai beberapa hari setelah Idul Fitri. Selain itu juga faktor cuaca,”jelasnya.

Dikatakannya, rencananya hari ini, Jumat (28/05/2021) akan masuk kapal Tanto yang akan membawa 22 kontainer bahan baku, yang terdiri dari 16 kontainer telur dan 6 kontainer lainnya ada bahan baku lain termasuk telur. “Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri, Polly Jamlean, sudah berkoordinasi, supaya saat kapal masuk, langsung bongkar, sehingga tidak lagi kekurangan telur dan harga telur kembali stabil,”terangnya.

Kadis mengatakan, jika 16 kontainer berisi telur, itu artinya akan ada 2.304.000 butir telur yang masuk

Sedangkan untuk harga daging sapi, masih Rp 110 ribu rupiah. Disperindag berupaya agar bisa dikisaran Rp 105 ribu rupiah, tapi Kadis menyadari bahwa tingginya harga transportasi menyebabkan sulit untuk turun di harga tersebut
“Pasokan daging lokal tidak sebanyak dulu, sehingga harga masih Rp 110ribu,”tandasnya.
(ab)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: