Pelupessy: Usia 50 Tahun Masuk Kategori Lansia Lansia Tetap Gratis

Ambon,GLOBALMALUKU.COM – Sejak 1 Juni, pelayanan vaksin gratis ditiadakan. Namun bagi lansia tetap mendapat vaksin gratis di puskesmas-puskesmas. Demikian dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, Wendy Pelupessy.

“Untuk prioritas yaitu lansia dan masyarakat umum masih tetap mendapat vaksin gratis, selama kita masih tetap mendapat suplai vaksin. Untuk lansia tetap berlaku di puskesmas-Puskesmas setempat,”terangnya.

Dikatakannya, saat ini ada edaran baru bahwa lansia tidak lagi di atas 60 tahun, tetapi 50 tahun keatas sudah masuk pralansia. Pra lansia juga dapat vaksinasi gratis.

Selain itu, Kadis menjelaskan bahwa pelayanan vaksinasi gratis juga berlaku bagi orang sakit jiwa dan pengguna napza (narkoba, alkohol, psikotropika, dan zat adiktif).

Sedangkan menurut Kadinkes, vaksin berbayar berlaku bagi karyawan swasta. Dimana perusahaan tersebut harus mendaftar di Kadin, dengan mendaftarkan seluruh karyawannya. Nantinya Kadin daerah akan berkoordinasi dengan Kadin pusat. “Vaksinasi untuk karyawan perusahaan swasta ini tidak dilakukan oleh Dinas Kesehatan, tapi nanti Kadin akan menunjuk rumah sakit swasta. Itu namanya vaksin gotong-royong,”jelasnya.

Hingga 31 Mei 2021, tercatat
49.456 orang atau 22% dari 224.000 orang yg harus divaksin di Kota Ambon.

Dikatakan, target vaksinasi yang ditetapkan pemerintah pusat untuk Kota Ambon, lansia 22.553 orang, Pelayan Publik: 50.000 orang.
(ab)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: