Mangkir dari Tugas, Camat Amahai Usulkan Pengganti KPN Sehati

Masohi, GLOBALMALUKU.COM – Camat Amahai Semmy Birahy mengusulkan pergantian Kepala Pemerintah Negeri (KPN) Negeri Sehati Markus Wattimena (MW-red)
Alasan mendasar, bukan karena
kasus dugaan Korupsi Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) Negeri ini yang sementara bergulir di Kejaksaan, namun karena KPN “mangkir” dari tugas dan tanggung jawabnya selama kurun waktu lebih 6 dari bulan.
“Alasan mendasar, lain, desakan dari Badan Permusyawaratan Negeri (BPN),” ujar camat. Kepada pers, Selasa (15/6/2021).
Camat menegaskan, proses pergantian terhadap MW sudah sepatutnya dilakukan mengingat imbas mangkirnya yang bersangkutan dari tugas dan tanggung jawabnya telah menyebabkan terhambatnya proses pencairan DD dan ADD Negeri Sehati sejak triwulan pertama tahun 2021.
“Saat ini, kita sementara mendorong penyusunan RAPBD Negeri Sehati. Tapi persoalannya saat ini, tidak ada KPN yang bisa melegalisasi proses -proses yang sementara berjalan,” sebutnya.
“Bukan itu saja, semua proses pemerinrahan di Negeri sehati saat ini tidak berjalan karena keberadaan KPN saat ini tidak diketahui. Semua proses pemerintahan, pelayanan publik dan pemberdayaan masyarakat hanya bisa berjalan bila KPN berada di tempat. Karena itu, pergantian terhadap MW sudah harus secepatnya dilakukan,” serunya.
Sekadar tahu, Kasus dugaan korupsi Negeri Sehati dalam wajtu dekar sudah akan memasuki babakan baru. Pasca terbitnya LHP Inspektorat tentang kerugian negara yang ditimbulkan akibat penyalah gunaan DD dan ADD negeri itu sejak tahun 2015 hingga 2020.
“LHoP Inspektorat sudah kita terima. Akan dilakukan telaah lebih dulu untuk ditetapkan apakah dapat dinaikan ke penyidikan,” tandas Kasi Intel Kejari Masohi, Karel Benito sehari sebelumnya. (MYX)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: