BKKBN Anugerahi Widya Penghargaan Manggala Karya Kencana

AMBON, GLOBALMALUKU.COM – Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Maluku, Widya Pratiwi Murad, dianugerahi penghargaan Manggala Karya Kencana dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). Penyerahan penghargaan tertinggi di BKKBN itu langsung diserahkan Kepala BKKBN Pusat Dr. (H.C.) dr. Hasto Wardoyo, dan diterima Widya secara virtual saat dirinya akan berada di Kota Piru, Kabupaten Seram Bagian Barat, Senin (28/6) besok.

“Ibu Widya akan menerima Penghargaan Manggala Karya Kencana pada Senin besok, tanggal 28 Juni 2021. Rencananya beliau akan menerima penghargaan ini secara virtual, bersamaan saat kunjungan kerjanya ke Piru, Kabupaten Seram Bagian Barat,” kata Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku, Dra. Renta Rego, Minggu sore (27/6).

Istri Gubernur Maluku ini mendapat penghargaan Manggala Karya Kencana berdasarkan Surat Keputusan Kepala BKKBN Nomor 71/KEP/G2/2021tentang Penerima Penghargaan Manggala Karya Kencana, Wira Karya Kencana, Dharma Karya Kencana, dan Cipta Karya Kencana tahun 2021.

Renta mengatakan, anugerah Manggala Karya Kencana diberikan BKKBN kepada mereka yang dinilai memiliki prestasi, dedikasi, dukungan, dan komitmennya terkait program-program pengembangan keluarga berencana di wilayahnya.

Salah satu keterlibatan Widya adalah bersama BKKBN menyikapi tingginya kasus stunting di Maluku. Sebagai Duta Parenting Maluku, Widya dianggap berhasil menekan angka preverensi stunting di Maluku, dimana tahun 2020 angka stunting berhasil turun menjadi 15,8 persen, dari 34,2 persen di tahun 2018.

“Ibu Widya dinilai punya dedikasi dan komitmen yang tinggi. Saat kunjungannya sebagai Duta Parenting Maluku ke daerah-daerah, beliau juga selalu memberikan edukasi berkaitan dengan keluarga berencana kepada masyarakat,” ungkapnya.

Program kerja pemberantasan stunting oleh Widya dianggap nyata dan luar biasa, serta sangat menginspirasi daerah lainnya di Indonesia. Program ini pun sejalan dengan paradigma program Keluarga Berencana, sehingga bukan saja berhasil menurunkan preverensi tingkat stunting di Maluku, juga berhasil mendukung program kependudukan keluarga berencana serta pembangunan keluarga di Provinsi Maluku.

“Penghargaan ini adalah apresiasi dari kami BKKBN, semoga dapat memotivasi pihak lainnya juga untuk berkomitmen mendukung program BKKBN di daerah,” harapnya.
(ab)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: