Percepat Akses Keuangan Daerah, Tuasikal Abua Lantik Lantik tim TPAKAD

Masohi, GLOBALMALUKU.COM –
Bupati Maluku Tengah, Tuasikal Abua, Selasa (29/6) melantik Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD).

TPAKD diharapkan dapat menjembatani dan mengkoordinasikan kerjasama dengan OPD, lembaga jasa keuangan serta stakehokder terkait dalam upaya menjamin perluasan akses keuangan di daerah.

“Penguatan komitmen, sinergitas dan kerjasama Pemerintah, Bank dan Bisnis dalam upaya Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) terkhusus pada sektor informal atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) sangat penting,” tandas Bupatu dalam sambutannya.

UMKM jadi vokus utama kerja TPAKD, kata bupati Sebab, UMKM dinilai memiliki daya ungkit yang besar terhadap upaya pemulihan ekonomi daerah.

“Kehadiran TPAKD diharapkan dapat menjembatani akses UMKM dalam mengatasi permasalahan terbatasnya modal usaha, beratnya persyaratan kredit Bank dan minimnya informasi terhadap akses pinjaman di Bank,” tutup bupati.

Sementara itu, Ketua OJK Perwakilan Provinsi Maluku, Roni Nazra mrlalui sambutannya pada pelabtikan TPAKD saat itu mengungkapkan respon posiyifnya terhadap pemerintah Kabupaten Maluku memajukan perekonomian daerah di tengah Tengah Pandemi Covid 19 saat ini.

Nenurutnya, keberadaan TPAKD sangat penting dan dipastikan mampu berkontribusi besar terhadap peningkatan akses keuangan kepada pelaku usaha dalam hal ini UMKM.

“Semoga pengukuhan TPAKD Kabupaten Maluku Tengah dapat menjadi katalis dan inspirasi bagi Kabupaten dan kota lain di Provinsi Maluku,” harapnya.

Agar pewujudan komitmen Pemulihan Ekonomi Nasional di Kabupaten Maluku Tengah dapat di dorong lebih optimal, Nazra menyarankan porsi lebih bagi pengembangan UMKM berbasis usaha perkebunan, Kehutanan, dan Perikanan lebih

“Sesuai data badan statistik, PDRB Kabupaten Maluku Tengah terbesar bersumber dari sektor ini,” serunya.

(MYX)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: