Bulan baik, PDAM Gratiskan Denda dan Bebaskan Sanksi bagi Penunggak

Masohi, GLOBALMALUKU.COM | Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Maluku Tengah membebaskan pembayaran denda bagi pelanggan yang memiliki tunggakan tagihan rekening air minum di PDAM. PDAM juga menjamin penghapusan sanksi atas tunggakan yang ada.

Kabar gembira ini diungkapkan Direktur PDAM Maluku Tengah, Katje Pattiasina dalam press confference, Senin (2/8). “Untuk transaksi pembayaran bulan berjalan pada Agustus ini. Di bulan mendatang, penagihan kembali normal. Pelanggan yang menunggak tagihan rekening air bisa kita berikan keringanan membayar pokok tagihan saja. Kita juga bebaskan dari sanksi,” tandas Pattiasina.
“Ini sekaligus merupakan kado di hari ulang tahun PDAM ke 32 dan HUT RI ke 67,” sambungnya.
Dalam keterangannya, diketahui bahwa besar tunggakan rekening air minum di tubuh PDAM ternyata berada di angka yang cukup fantastis. Yakni hampir menyentuh Rp. 2 milyar. Dengan membebaskan denda, maka nominal yang bisa ditarik PDAM mencapai Rp. 1,5 milyar.
Diketahui pula bahwa ada sejumlah permasalahan yang melatari bisa terjadinya tunggakan tagihan rekening air dengan angka yang cukup fantastis itu. Termasuk, kenapa tenggat waktu tunggakan yang cukup lama. Mencapai diatas 7 bulan.
“Ada pemasangan ilegal yang sudah berjalan cukup lama. Ada juga pegawai PDAM yang nakal namun sudah kita berhentikan. Akumulasi tunggakan bisa terjadi hingga bebulan-bulan karena sistim penagihan masih menggunakan cara manual. Saat ini seluruh proses di PDAM sudah menggunakan sistim digital dengan menggunakan aplikasi,” runut Pattiasina.
Sekadar tahu, PDAM di bawah kepemimpinan Pattiasina baru berjalan kurang lebih setahun. Di masa diberi tanggung jawab itu, PDAM tidak dalam kondisi yang baik-baik saja. Malah, PDAM nyaris tidak bisa membiayai dirinya sendiri. (MYX)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: