Weridity : Program Inpex Berpihak Bagi Rakyat Tanimbar

Saumlaki, GLOBALMALUKU.COM – Inpex Corporation adalah perusahaan raksasa minyak dan Gas asal negeri matahari Jepang, yang berpengalaman dalam bidangnya, sekaligus terlibat dalam Eksplorasi, Development and Production di berbagai belahan dunia lebih dari 78 negara di dunia termasuk Australia dan Indonesia.

Begitupun juga Sejak Tahun 1966 , Inpex corporation menginjakkan kaki di Indonesia. Rekam jejaknya begitu fantastis sebagai perintis Offshore pengeboran lepas pantai di seantero negeri ini.
Menurut, Lorens Weridity salah satu tokoh pemuda dari Tanimbar, lebih dari setengah abad lamanya Inpex terlibat langsung dalam beberapa Blok Pengembangan Migas Raksasa di Indonesia mulai dari Exploration, Development and Production termasuk Portofolionya di blok Abadi Tanimbar, Provinsi Maluku.
Perjalanan Panjang di Blok Masela Abadi sejak pertama kali di temukan sumur abadi 1 Tahun 2000 ( 21 tahun yang lalu) di situlah sepak terjang Inpex dalam program program sosialnya dengan menunjukkan keseriusan dan komitmennya terhadap program pemberdayaan masyarakat bagi rakyat tanimbar yang terkena dampak langsung dari kegiatan operasinya. Dan program – program sosial tersebut terus berjalan hingga sekarang ini.
Dikatakan Weridity, walaupun Inpex belum beroperasi namun Inpex sangat peduli dengan masyarakat lingkungan sekitarnya terutama di daerah – daerah yang terkena dampak langsung.
Kesemuanya itu dibuktikan dengan Program – program sosial terpadunya atau integrated social Program, Community development, program – program pendukung operasi dan juga program CSR Corporate Social Responsibility atau tanggung jawab sosial perusahaan kepada masyarakat tanimbar dalam bidang,
pendidikan, kesehatan, kemiskinan, Pemberdayaan UMKM usaha kecil dan menengah, agar supaya masyarakat tanimbar terlibat dalam mata rantai pasokan supply ( Supply Chain) dan juga ada keterlibatan masyarakat lingkungan sekitar di wilayah operasinya.
Dijelaskan Lorenz Weridity, program-program unggulan Pemberdayaan masyarakat tersebut diatas yang di lakukan oleh Inpex corporation di Tanah Tanimbar yang juga merupakan lokasi utama pembangunan kilang LNG nya itu adalah bertujuan untuk , penguatan, keterlibatan, pemberdayaan, kemandirian, dan tentunmanfaatnya sangat besar sekali bagi kesejahteraan masyarakat tanimbar. Sehingga terciptalah sang fajar dari ujung paling selatan maluku yaitu, manusia – manusia tanimbar masa sekarang dan manusia – manusia Tanimbar yang akan datang yang sehat, cerdas, maju, mandiri dan bermartabat diatas Tanah Tanimbar.
Program – program pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh Inpex lanjut Weridity, sampai sekarang ini merupakan jalan tengah dan juga suatu bentuk komitmen dan keseriusan Inpex terhadap masyarakat tanimbar agar supaya masyarakat tanimbar maju, berkembang dan bertumbuh bersama perusahaan Inpex corporation di sekitar wilayah operasinya. Dan secara otomatis akan berdampak positif bagi kegiatan operasionalnya Inpex di kemudian hari terutama target produksinya yang fantastis yang mana bisa mengangkat dan meningkatkan prestasi dan reputasi Inpex corporation sebagai perusahaan yang top class internasional di mata dunia, yang selalu berpegang teguh pada The Golden Rule of safety juga social dan Ramah lingkungan.
Untuk itu para pemuda dan masyarakat adat asli Tanimbar sangat mendukung penuh Inpex corporation Blok masela LNG Abadi di Tanah Tanimbar karena memberikan dampak yang sangat signifikan bagi kesejahteraan masyarakat Tanimbar di bumi yang di juluki duan lolat ini.(AB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: