PDAM Malteng Rayakan HUT Pertama dan Terakhirnya

Masohi, GLOBALMALUKU.COM | Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Maluku Tengah merayakan HUT pertama kalinya diusia ke-32 tahun, Senin (23/8).

Perayaan HUT saat itu juga merupakan perayaan HUT terakhir kalinya dengan menggunakan nama PDAM Masohi. Sebab, di tahun 2022, PDAM sudah berganti nama menjadi PDAM Tirta Nusa Ina.

“Ini perayan HUT PDAM yang pertama sekaligus terakhir. Sebab, tahun depan, PDAM akan merayakan HUT pertama sebagai PDAM Tirta Nusa Ina,” tandas Direktur PDAM Masohi, Katje Pattiasina dalam sambutannya saat itu.

Pattiasina dalam sambutannya membeberkan tentang progres PDAM diusianya ke-32. Terkhusus sejak dipercayakan memimpin PDAM Malteng pada 13 Juli 2019 silam.

“PDAM saat itu kondisinya fluktuatif di semua sisi, termasum pandemik covid-19. Semua berdampak pada PDAM. Tapi kita tetap berkomotmen untuk terus meningkatkan pelayanan,” kisah Pattiasina.

Satu dari sekian progres PDAM Malteng pada kepemimpinan Pattiasina adalah pengelolaan sistim billing PDAM yang sudah ditingkatkan dari manual ke digital.

“Semua akses informasi maulai dari pemasangan baru, pelaporan terkait kendala pelayanan dan pembayaran renening PDAM sudah bisa dilakukan melalui aplikasi SIMPELA,” ucap Pattiasina.

Dalam kesempatan yang sama, Dewan Pengawas PDAM, Yosman Pabissa dalam sambutan lisannya. Mengungkapkan geliat PDAM saat ini.

Pabissa menilai, kondisi PDAM saat ini makin membaik bila dibandingkan sebelumnya yang menurutnya, “Sakit”.

“Kondisi PDAM saat dipercayakan kepemimpinan kepada Direktur saat ini pada 2019 lalu, dalam keadaan “Koma”. Bukan sakit lagi. Tapi “Koma” ,” kata Pabissa.

“Saat ini sudah melewati masa kritis meskipun belum sehat. Pattiasina mampu membedah dan menemukan penyebab terjadinya kondisi yang ada. Bahkan melakukan pemecatan terhadap pegawai yang sudah tidak bisa dibina untuk kemajuan PDAM. Kebocoran keuangan sudah diperbaiki. Sejumlah inovasi juga sudah dilakukan demi mengoptimalkan pelayanan,” sebut mantan Kadis Pekerjaan Umum Kabupaten Maluku Tengah ini.

Selanjutnya, Pabissa berharap konsistensi untuk memperbaiki PDAM dapat dipertahankan. “Harapan kita, ODAM kedepan tidak hanya dapat berkontribusi bagi daerah lewat sumbangsih PAD, tapi juga mampu berkontribusi meningkatkan pelayanan. Terutama dari segi kualitas.

“Saya optimis bahwa PDAM Malteng akan tumbuh, sehat, dan sukses. Sukses dalam berkontribusi terjadap daerah melalui sumbangsih PAD, dan sukses mewujudkan pelayanan yang maksimal,” ucapnya.

“Untuk mewujudkan itu, butuh dukungan dari segenap pegawai. Tanamkan prinsip bahwa PDAM adalah milik kita. Hidup kita ada disini. Dan mari bergandengan tangan mewujudkan visi PDAM untuk mendatangkan keuntungan bagi perusahaan dan daerah, dan mewujudkan tugas sosial meningkatkan pelayanan,” pesannya. (MYX)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: