Rencana Penambahan Landasan Pacu Bandara Amahai Mentah

Masohi, GLOBALMALUKU.COM | Kesekian kalinya, rencana penambahan panjang landasan pacu bandara Amahai mental. Semangat agar pengembangan Kabupaten Maluku Tengah terdorong optimal dengan memaksimalkan transportasi udara gagal.

Rekomendasi tentang luasan lahan yang akan dibebaskan sebagai rujukan untuk tahapan pengusulan ke kementrian perhubungan tidak kunjung ada.

“Yah, kita sudah mencoba mendorong itu secara maksimal ke Pemerintah daerah tapi kemudian tidak ada progres apa-apa. Hingga saat ini, rekomendasi tentang pembebasan lahan untuk penambahan panjang landasan pacu belum ada,” kata kepala Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Amahai, Januaris Seralurin, Selasa (7/9).

Sekadar tahu, semangat mendorong penambahan panjang landasan pacu Bandara Amahai sudah dilakukan sejak tahun 2019. Niatan yang datang dari UPBU Amahai mendapat respon baik dari pemerintah Kabupaten Maluku Tengah.

Sayangnya, upaya itu kembali kandas ditataran pemerintah daerah. Masalah pembebasan lahan belum mampu diselesaikan.

Panjang landasan pacu atau runway Bandara Amahai adalah 1050 meter x 23 meter serta taxiway 75 x 15 meter. Kapasitas panjang landasan mampu melayani pesawat sejenis ATR- 42 dengan kapasitas terbatas.
Panjang landasan pacu direncanakan ditingkatkan menjadi 1.200 m x 30 m. Kedepannya, penambahan panjang landasan akan berimplikasi pada peningkatan sarana dan prasarana lain di kawasan bandara Amahai. (MYX)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: