Suksesnya 100 Hari Kerja SMS-GES. Seluruh Desa Di Bursel, Akan Terjangkau Jaringan Telepon

Namrole,GLOBALMALUKU.COM | Pemerintah Kabupaten Buru Selatan (Bursel) dibawah kepemimpinan Safitri Malik Soulisa-Gerson Eliaser Selsily, membuktikan janji kampanye yang tertuang dalam visi-misi untuk membuat Bursel

Di tahun 2021 ini Pemerintah Kabupaten Buru Selatan mendapat jatah 60 tower dari Kementerian Komunikasi dan Informasi,melalui Bhakti sebagai pengelola.

Menurut Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Buru Selatan, Salem Bachta, 60 tower ini akan menyebar ke seluruh kecamatan yang ada di Bursel.

“Kita sudah selesai tahap survei dan sekarang sudah memasuki tahap pembangunan untuk 2 kecamatan, yaitu kecamatan Leksula dan Kecamatan Kepala Madan. Ada 11 titik yang dibangun di dua ke amatan tersebut. Sementara yang lainnya masih dalam proses administrasi,”jelas Kadis, Selasa (21/09/2021).

Bahta menargetkan di akhir tahun 2022, 60 titik sudah terpasang. Jika 60 tower ini terpasang, maka seluruh desa di Bursel sudah tercover jaringan telepon.

“21 Desa sudah tercover dari 81 desa. Sedangkan 11 Desa sudah ada. Dengan demikian, jika di tambah dengan 60 tower, ini maka secara keseluruhan semua desa di Buru Selatan sudah tercover semua sinyalnya,”ungkapnya.

“Untuk ukuran tower, Bachta katakan bervariasi. Ada yang 20 meter sampai yang tertinggi itu 50 meter. Tinggi rendahnya itu dilihat dari situasi peta geografi dari pada desa tersebut, kalau memang desanya diapit oleh gunung maka otomatis tower yang didirikan di desa itu harus tinggi.

Dia mengakatan, bantuan tower ini Ini langsung dari Kementerian Komunikasi dan Informasi RI, melalui Bakti. “Ini tidak pakai optik lagi, tapi ini satelit. Dengan demikian ketika komunikasi ini lancar, berarti untuk peningkatan e- Goverment di setiap sektor yang ada terpenuhi. Misalnya di kantor camat, sektor pendidikan dan kesehatan seperti di Puskesmas bisa gunakan jaringan yang ada,”terangnya.

Selain tower, Bachta mengatakan ada bantuan Wi-Fi, yang dikhususkan ke sekolah-sekolah dan puskesmas-puskesmas serta juga ada instansi pemerintah seperti kantor-kantor camat.
(AB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: