Sebagai Mitra Pemda, BPK Telah Memberikan Kontribusi Positif

Ambon, GLOBALMALUKU.COM | Gubernur Maluku, Murad Ismail memberikan apresisasi terhadap Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI), yang selama ini

telah memberikan banyak kontribusi positif melalui peran pendampingan dan asistensi, demi pencapaian target kinerja Pemerintah Provinsi Maluku.

Kontribusi yang dimaksudkan mantan Dankor Brimob Polri ini berkaitan dengan penyusunan Laporan Keuangan Daerah.

“Pencapaian tersebut harus terus ditingkatkan sesuai komitmen bersama pemerintah provinsi dan kab/kota se-Maluku, untuk memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terhadap LKPD di tahun-tahun berikutnya,” ungkap Gubernur saat menyampaikan sambutannya dalam Acara Serah Terima Jabatan Kepala BPK Perwakilan Maluku dari Muhammad Abidin kepada Herry Purwanto, di lantai VII, Kantor Gubernur Maluku, Senin,(27/9/2021).

Sebagaimana diketahui, pemberian opini merupakan bentuk apresiasi dari BPK atas hasil pemeriksaan laporan keuangan, disamping pemberian rekomendasi lainnya. Laporan keuangan yang disusun oleh kementerian/lembaga dan pemerintah daerah merupakan media akuntabilitas keuangan yang disajikan sesuai Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP).

Pada kesempatan itu, Gubernur juga menyampaikan apresiasi kinerja Muhammad Abidin
selaku Kepala BPK Perwakilan Maluku di periode lima tahun terakhir.

Termasuk di masa kepemimpinan Muhammad Abidin, Maluku berhasil mendapat opini WTP di Laporan Keuangan Daerah tahun 2019 dan 2020.

“Atas nama Pemda Provinsi Maluku, mewakili 11 kabupaten/kota, kami apresiasi setinggi-tingginya untuk Pak Abidin dan jajarannya, atas kerjasama mereka dengan pemerintah daerah,” ujar MI sapaan Murad Ismail.

Atas dasar itu, gubernur menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Muhammad Abidin atas pengabdiannya di Maluku. Dan selamat atas jabatan yang baru sebagai Kepala Perwakilan BPK Provinsi Papua Barat.

“Pada kesempatan ini, saya menyampaikan permohonan maaf apabila dalam rutinitas kinerja, telah melakukan tindakan yang di sengaja maupun tidak, dan yang telah menyinggung perasaan bapak dan keluarga,” tutur Gubernur.

Gubernur juga mengucapkan selamat datang kepada Kepala
Perwakilan BPK Provinsi Maluku yang baru yakni Herry Purwanto. Ia menginginkan kemitraan yang sudah terjalin lebih dioptimalkan, terutama pelaksanaan program pengawasan interen akuntabilitas keuangan, pembangunan daerah, dan penyelenggaraan sistem pengendalian interen pemerintah (SPIP), serta peningkatan kapabilitas APIP di Maluku.

“Dengan tetap menjaga kontinuitas pelaksanaan tugas dan fungsi organisasi serta menjalin komunikasi, membangun sinergi, dan meningkatkan koordinasi. Semoga kehadiran kita semua di acara serah terima ini, menjadi wujud komitmen bersama untuk mengemban tugas bersama dalam memajukan Maluku,” pungkasnya.
(AB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: