Rapat Kordinasi Timpora Kabupaten Seram Bagian Barat Dan Kecamatan Se- Kabupaten SBB

Piru,GLOBALMALUKU.COM | Dalam rangka pengawasan warga Negara asing di wilayah Indonesia yang diselenggarakan oleh kantor imigrasi kelas I TPI Ambon , dilakukan rapat koordinasi di Kabupaten SBB yang berlangsung di Hotel Amboina Piru,Jumat(5/11/2021).

Rapat Kordinasi tersebut di hadiri Bupati SBB Timotius Akerina,serta membuka dengan resmi, Rapat koordinasi Timpora Kabupaten Seram Bahian Barat dan sekecamatan kabupaten SBB. “Dalam Sambutannya Akerina Katakan , kita saat ini memerlukan kerja nyata yang koordinir dari seluruh pihak ,untuk mengurangi akses negatif yang mungkin timbul ,yang terjadi seperti masuknya idiologi budaya asing yang tidak sesuai dengan idiologi Indonesia,tingkat kejahatan pra nAsional dan berbagai hal lainnya.

Ia jugakan , saat ini Indonesia baru saja menyelesaikan masalah Pandemi Covid 19 ,berapa negara sudah mulai masuk kembali di Indonesia ,oleh sebab itu mari kita tingkatkan pedekatan hukum bidang keimgrasian baik tidaknya pelaksanaan kegiatan pengawasan orang asing bergantung oleh seluruh pihak ,sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing ,tuturnya.

“Menurutnya UUD nomor 6 tahun 2011,tentang imigrasian ,khsusnya pada pasal 69 ayat 1,mengamanatkan pengawasan orang asing ini dilakukan secara terkoordinir diantara instansi Pemerintah yang terkait dengan orang asing melalui Tim Pengawasan Orang Asing atau Timpora ,baik di tingkat pusat ,kabupaten kota maupun tingkat kecamatan atau kelurahan.

Akerina sangat mengapresiasikan semua pihak yang hadir dalam Rapat koordinasi tersebut,dan dirinya berharap mari kita sama-sama berkomitmen ,untuk bahu membahu dengan kantor Imgrasi kelas 1 TPI Ambon dalam berlakukan pengawasan orang asing.

Akerina juga yakin ,dan percaya inegritas seluruh Tim akan membawa pedekatan hukum dan terlebih khususnya di bidang keimgrasian ,sebagai fasilitator penunjukan .

Ia berharap peran serta masyarakat juga harus ada , dilibatkan dalam penyampaian informasi keberadaan orang asing di kabupaten SBB, tandasnya.

Ssbnarnya ada nilai positifnya juga ketika ada orang Asing disini ,karna adanya Inkam bagi pemerintah daerah setempat.

Selain itu kepala kantor Keimigrasian kelas 1 TPI Ambon Arman Armada Yoga Surya katakan , dalam kegiatan Rapat Koordinasi sinergitas antara pimpinan daerah SBB ,dengan kami disini ,untuk mendapatkan informasi-informasi terkait keberadaan orang asing.

Ia katakan ,untuk Kabupaten Seram Bagian Barat ,sudah hampir 30% warga negara Asing yang menyebar di Kabupaten SBB.

“Nanti kita lihat kalau ada yg membuat kesalahan , kita akan membuat tindakan Deportasi ,ungkap…

Dirinya berharap masyarakat dapat memantau dan memberikan informasi sekecil apapun kepada siapapun baik itu pemerintah daerah atau yang lainnya,tutupnya.
(AB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: