Tuasikal Dorong Konsep Penguatan Moderasi Beragama

Masohi, GLOBALMALUKU.COM | Kepala Kementrian Agama Kabupaten Maluku Tengah, Taslim Tuasikal mmenyatakan akan mendorong pembangunan moderasi beragama dalam memimpin Kemenag Malteng kedepan.

Yakni, mengoptimalkan pengurangan kekerasan dalam praktik kehidupan beragama.
“Moderasi Beragama, ini yang akan kita dorong secara optimal,” tandas Tuasikal
Kepada Pers usai kegiatan Pisah sambut Kepala Kementrian Agama Kabupaten Maluku Tengah, Kamis (18/11).
Taslim Tuasikal ditugaskan menggantikan rekan sejawatnya Hanafi Rumahtiga yang mendapat amanah baru memimpin Kantor Kementrian Agama Kabupaten Aru.
Taslim Tuasikal sebelumnya adalah Kepala Kementrian Agama Kabupaten Pulau Buru.
Mewujudkan Moderasi Beragama (MB), menurut Tuasikal , membutuhkan kesadaran bersama seluruh komponen. Terutama jajaran ASN lingkup Kementrian Agama.
“Yang paling pertama harus dilakukan adalah meningkatkan fanatisme ibadah. Sebab, seseorang yang memiliki fanatisme ibadah sudah tentu memiliki pemahaman yang kuat tentang agama. Bahwa agama hadir untuk kebaikan semua umat beragama,” terangnya.
Dalam kaitannya dengan tanggung jawab mewujudkan ini dimulai dari lingkungan kantor Kemenag Malteng, Tuasikal menyatakan, Fanatisme ibadah tentu akan berimplikasi pada disiplin dalam menjalankan amanah sebagai ASN Kementrian Agama.
“Moderasi Beragama harus menjadi cerminan ASN Kemenag dalam bersikap dan bertindak melayani masyarakat. Dimulai dengan Disiplin dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab,” ucapnya.
“Keluar, ASN Kemenag senantiasa dapat memberikan solusi terhadap berbagai persoalan keberagamaan,” sambung Tuasikal.
Pantauan media ini, pisah sambut kepala kantor Kementrian Agama Malteng yang digelar di aula Ikhlas Beramal Kantor Kandepag Malteng berjalan sederhana. Meski begitu, jajaran ASN Kementrian Agama Malteng baik dilingkungan kantor kementrian agama maupun dari UPTD hadir dan ikut larut dalam suasana pisah sambut saat itu.
Komitmen mendukung dan mendoakan kemajuan kantor Kementrian Agama yang dipimpin oleh Hanafi Rumatiga di tempt tugas yang baru dan kakandepag Malteng yang baru Taslim Tuasikal disampaikan secara langsung, pun melalui rangkian kegitan yang dimotori oleh jajaran AAN Malteng itu.
Hanafi Rumatiga dalam sambutan lisannya menyampaikan optimismenya terhadap progres kemenag Malteng ditangan Kakandepag yang baru.
“Pak Taslim ini bukan orang baru di Malteng, tentu dengan modal itu, Kandepag malteng akan lebih maju. Program-program kementrian akan berjalan lebih optimal dengan komitmen yang dimiliki,” seru Rumatiga. (MYX)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: