Aparatur Desa dan Kecamatan Dilatih Program Pamsimas, Bupati beri Apresiasi

Masohi, GLOBALMALUKU.COM | Aparatur Desa dan Kecamatan, Rabu (1/12) mengikuti pelatihan Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS).

Kegiatan yang digelas di lantai tiga kantor Bapplitbangda, Masohi ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas aparatur pemerintah desa dan kecamatan dalam mewujudkan pembangunan air minum dan sanitasi berkelanjutan.
Bupati Maluku Tengah Tuasikal Abua mengapresiasi terselenggaranya kegiatan saat itu. Sebab, menurutnya peningkatan kapasitas aparatur pemerintah tentang pembangunan air bersih dan sanitasi yang berkelanjutan sangat penting.
“Program Pamsimas adalah salah satu program andalan pemerintah dalam menjamin ketersediaan air bersih dan sanitasi berbasis masyarakat,” tandas bupati dalam sambutannya yang dibacakan PLt Kepala Dinas Komunikaai dan Informatika Muhammad Sudjoko.
“Sejak diluncurkan pada 2008 hingga saat ini, program Pamsimas telah menunjukan kontribusi positif bagi masyarakat Maluku Tengah,” sebutnya.
Menurutnya, keberlanjutan pelayanan akses air bersih dan sanitasi memerlukan langkah-langkah strategis. Baik dalam hubungannya dengan memperbaiki kegiatan yang sudah berjalan maupun melanjutkannya. Dan, hal itu hanya bisa diwujudkan melalui kegiatan penguatan kapasitas aparatur pemerintahan guna mewujudkan capaian 100 persen akses air minum dan sanitasi di desa.
Dalam upaya itu, bupati berharap seluruh peserta pelatihan bisa memberikan kontribusi pikir dalam rangka memboboti pelaksanaan kegiatan disaat itu.
“Dan semoga melalui kegiatan disaat ini, dapat lebih memperkuat komitmen bersama dalam mendorong percepatan pemenuhan 100 persen akses air minum dan sanitasi,” harapnya.
Pantauan media ini, peserta yang merpakan perwakilan dari unsur pemerintah Negeri dan Kecamatan sangat antusias mengikuti pelatihan yang terselenggara saat itu. Para Nasasumber yang berasal dari instasi teknis Dinas Pekerjaan Umum, PDAM, Dinas Komunikasi dan Informatika, serta Dinas Pemberdayaan Masyarakat Negeri dan Perlindungan Perempuan dan Anak (DPMN-PPA) menambah bobot dari pelaksanaan kegiatan yang dimotori oleh DPMN-PPA ini. (MYX)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: